BIS atau BlackBerry Internet Service adalah layanan yang umumnya digunakan oleh individual atau small/medium office. Layanan ini sangat mendukung push email untuk keperluan bisnis atau pribadi.

1. Email dapat di push jika mail server tersebut didukung oleh teknologi POP 3 atau IMAP. Email yang diterima di handheld (Push Email) akan muncul dengan membutuhkan waktu sekira 30 detik sampai maksimum 20 menit.
2. Mampu untuk add email di handheld sampai 10 account BIS
3. User melakukan aktivasi dari webclient baik dari PC ataupun dari handheld BlackBerry
4. Tidak ada minimum berlangganan
Kekurangan dari layanan BIS adalah,
1. Syncronize email, calendar, task dan contact dilakukan secara manual via Desktop Manager.
2. Jika user adalah karyawan dari suatu corporate maka tidak dapat mengakses aplikasi internal (aplikasi inventory, reimbursement, etc)
3. Add contact dilakukan secara manual baik alamat email ataupun nomer telepon.
4. Jika user lupa password handheldnya, maka semua data yang ada di handheld (contact, email, sms, applications, etc) akan hilang.
5. Sangat tergantung server RIM atau mail server yg digunakan (yahoo, google, etc)

BES atau BlackBerry Enterprise Server sangat tepat digunakan perusahaan menengah ke atas, skala nasional atau multi nasional. Layanan ini sangat power full sehingga memudahkan user untuk melakukan aktivitas seperti halnya di PC.
1. Pelanggan BES Indosat otomatis menjadi pelanggan BIS Indosat juga.
2. Saat ini hanya dapat dinikmati oleh perusahaan yang sudah memiliki existing domain (@corporate.com or co.id or etc).
3. Support untuk mail server microsoft exchange, Lotus Domino dan Novell
Kelebihan layanan BES
1. Real time push email, calendar, contact and task
2. Push email mampu sampai dengan 12 account, termasuk email corporate dan master account (Pelanggan BES Indosat otomatis menjadi pelanggan BIS juga).
3. Pengguna BES dapat masuk ke aplikasi internal / intranet via BlackBerry
4. Dapat melakukan look up address ke seluruh karyawan yang terdaftar di perusahaan tersebut, data yang tersedia tergantung BES Administrator (Nama, alamat email, telp, HP, lokasi kerja, jabatan, etc)
5. Dapat melakukan enterprise activation via wireless device dimanapun (termasuk saat diluar negeri)
6. Administrator BES dapat melakukan IT Policy, reset password handheld, Kill Handheld, etc.
7. Tidak tergantung oleh server lain (Menggunakan BES server sendiri).


SECARA SINGKAT



Pada BIS, kontrol sepenuhya dipegang oleh pengguna. Apabila terdapat batasan, batasan itu dibuat oleh ISP atau operator ponsel pengguna. Pada BES kontrol sepenuhnya dipegang olehserver perusahaan. Perusahaan bisa menentukan apa yang bisa atau tidak bisa diakses oleh handset karyawannya. Contoh, apabila perusahaan memiliki kebijakan karyawan tidak diperbolehkan menggunakan Facebook pada handset BlackBerry-nya, server BES perusahaan bisa melumpuhkan Facebook pada semua handset BlackBerry karyawan.

Server BES perusahaan bisa melakukan satu kali instalasi aplikasi untuk semua handset BlackBerry karyawannya. Contoh, sebuah perusahaan memiliki 500 handset BlackBerry untuk masing-masing karyawannya, dan perusahaan ingin menggunakan satu aplikasi pada BlackBerry untuk mendukung sistem kerja mereka. Melalui server BES perusahaan, instalasi aplikasi pada 500handset tersebut bisa dilakukan melalui satu kali proses. BES juga memiliki otoritas untuk menghapus seluruh data atau mengunci handset BlackBerry yang berada pada jaringan server-nya.

Source: OkeZone.com dan Paseban.com

0 comments:

Post a Comment

silahkan berkomentar, dilarang berkomentar yang mengandung SARA!